EFEKTIFITAS PRAKTIKUM BIOKIMIA BERBASIS LABORATORY VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KOMPARASI PRAKTIKUM LURING DAN DARING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PROTEIN PADA MAHASISWA

  • Rina Astuti Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Gakuh Munia Setianingsih Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Samia Rahayu Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Abstract:. Learning held in tertiary institutions must be in line with the 21st century learning paradigm, where students are expected to be active and creative in developing their potential. The nature and characteristics of 21st century learning are reflected in science learning which refers to 3 things such as processes, products and attitudes which can be seen in practicum-based learning methods. This study aims to compare the results of practicum during the Covid-19 pandemic which was conducted online and during offline, namely before the pandemic that hit Indonesia and even the world. The method used is a quasi-experimental method with the comparison method. The analysis used in this study was the independent sample t-test where the subjects were students with different classes and were given two different learning treatments, namely offline and online. The results showed that the real or offline practicum was better and more effective than the internal practicum. network (online).

 

 

References

Ardiansyah, A. (2020). Analisis Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Praktikum Mandiri Berbasis Proyek Pada Materi Optik Smpn 4 Sojol Di Masa Pandemik. Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains, 1(2), 31-38.

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187-194.

Nafisah, D., Ghofur, A., Eryadini, N., Rachma, E. A., Youhanita, E., & Sidi, A. (2020). Workshop Virtual Pengembangan Desain Pembelajaran Jarak Jauh. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 454-464.

Aldiyah, E. Perubahan Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan (JIP), 1(1), 8-16.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa pgsd di saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

Soraya, P., Putri, C. E., Lestari, P. A., & Walid, A. (2020). Profil Penilaian Hasil Belajar IPA Melalui Media Daring dan Luring pada Mid Semester Di MTS Negeri 4 Mukomuko Provinsi Bengkulu. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 107-115.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Yuliyanti, E., Hasan, M., & Syukri, M. (2016). Peningkatan keterampilan generik sains dan penguasaan konsep melalui laboratorium virtual bebasis inkuiri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 76-83.

Fitriya, S., Lesmono, A. D., Si, A. M., & Wahyuni, S. (2013). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory) pada Pembelajaran Fisika di SMP/MTs.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(2), 186-195.

Hamida, N., Mulyani, B., & Utami, B. (2013). Studi komparasi penggunaan laboratorium virtual dan laboratorium riil dalam pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar ditinjau dari kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 7-15.

Nainggolan, L. (2013). Pengembangan Media Praktikum Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory) Pada Materi Pembelahan Sel Di SMA. Jurnal Penelitian Universitas Jambi.

Maksum, A. H., & Saragih, Y. (2020). Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium. Jurnal TIARSIE, 17(2), 47-52.

Quddus, A., Hamid, T., & Kasli, E. (2017). Perbandingan hasil belajar fisika dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 122-127.

Dwiningsih, K., Sukarmin, M., & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran di Era Global. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156-176.

Harms, U. Virtual and Remote Labs in Physics Education. Paper presented at Second European Conference on Physics Teaching in Engineering Education, Budapest, Jun. 2000.

Yahya, M. (2014). Eksistensi Madrasah Menghadapi Globalisasi. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 20-28.

Nirwana, R. R. (2011). Pemanfaatan laboratorium virtual dan e-reference dalam proses pembelajaran dan penelitian ilmu kimia. Jurnal Phenomenon, 1(1), 116-117.

Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 299-316.

Published
2021-04-22
How to Cite
Astuti, R., Setianingsih, G., & Rahayu, S. (2021). EFEKTIFITAS PRAKTIKUM BIOKIMIA BERBASIS LABORATORY VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KOMPARASI PRAKTIKUM LURING DAN DARING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PROTEIN PADA MAHASISWA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 2(1), 13-18. https://doi.org/10.51673/jips.v2i1.498
Section
Artikel