ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA KELAS XI MAN 1 LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Surya Pratama Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Agil Al Idrus Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Kusmiyati Kusmiyati Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Dadi Setiadi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas Mataram, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi pada materi sistem reproduksi siswa Kelas XI MAN 1 Lombok Barat melalui penggunaan instrumen three tier test. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Lombok Barat (MIA, IPS dan Bahasa). Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas XI MIA 1 dan 30 siswa kelas XI MIA 2. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan perbedaan karakteristik kelas. Analisis dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif menggunakan rumus persentase berdasarkan kriteria pemahaman konsep yang dicari. Hasil analisis miskonsepsi pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan instrumen three tier test didapatkan siswa yang mengalami miskonsepsi paling banyak pada indikator 4 sebesar 83,33% (klasifikasi sangat tinggi) dan siswa yang mengalami miskonsepsi paling sedikit pada indikator 1 sebesar 68,33% (klasifikasi tinggi). Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi sangat tinggi pada konsep pemahaman yang rendah maupun yang membutuhkan pemahaman tinggi.

References

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suhendi H.Y, Ida K, & Johar M. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Profil Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran ECIRR Berbantuan Simulasi Virtual dengan Instrumen Three Tier Test. Prosiding Mathematics and Sciences Forum. 3 (1). 96-122.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes diagnostic dalam Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daud, S. A. S., Laliyo L. A. R. & Tangio J. S. (2014). Identifikasi Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Zat dengan Menggunakan Instrumen Tiga Tingkat (Three-tier test) pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Model Limboto. Jurnal Penelitian. 3 (2). 1-14.

Sari, Y. K. & Nur D. (2018). Profil miskonsepsi siswa dengan Menggunakan Three-Tier Test pada Materi sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim, M. (2012). Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajaran nya. Surabaya: Unesa University Press.

Ardiyanti, Y. & Marsah R. U. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Reproduksi. Biosfer, Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. 2 (2). 18-23.

Yusiana, M. A. & Maria S. T. S. (2016). Perilaku Personal Hygiene Remaja Puteri pada Saat Menstruasi. Jurnal STIKES. 9 (1). 14-19.

Lestari, T. D. & Ismudiono. (2014). Ilmu Reproduksi Ternak. Surabaya: Airlangga University Press.

Baety, A. N. (2011). Biologi Reproduksi kehamilan dan Persalinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, A. M. (2011). Dampak Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Reproduksi Sehat Siswa. Jurnal Analisa. 18 (2). 23-31.

Septiana, D., Zulfani & Meiry F. N. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice. Edu sains. 4 (2). 191-200.

Maesyarah., A. Wahab J. & Kusmiyati. (2015). Analisis Penguasaan Konsep dan Miskonsepsi Biologi dengan Teknik Modifikasi Certainty of Response Index pada Siswa SMP Se-Kota Sumbawa Besar. Jurnal Pijar MIPA. 10 (1). 1-6.

Hadiprayitno, G., Muhlis & Kusmiyati. (2019). Problems in learning biology for senior high schools in Lombok Island. IOP Conference Series: Journal of Physics: Conference Series. 1241 (2019). 1-8.

Bodner, G. M. (1986). Constructivism: a Theory of Knowledge. Journal of Chemical Education. 3 (63). 873-878.

Setiawati, G.A.D., Arjaya, I.B.A., & Ni Wayan, E. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fotosintesis & Respirasi Tumbuhan Siswa Kelas IX SMP Kota Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati. 3 (2). 14-28.

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo.

Published
2020-12-14
How to Cite
Pratama, S., Al Idrus, A., Kusmiyati, K., & Setiadi, D. (2020). ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SISWA KELAS XI MAN 1 LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(3), 59-65. Retrieved from https://ejournal.unwmataram.id/JIPS/article/view/429
Section
Artikel