MODEL PEMBELAJARAN LOK-R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-C MTsN. 2 MOROTAI PADA MATERI SISTEM GERAK
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-C di MTsN.2 Morotai, dengan penerapan model pembelajaran LOK-R diyakini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut mengundang peneliti untuk melakukan penelitian pada siswa kelas VIII-C di MTsN.2 Morotai, yang mana penelitian dilaksanakan pada bulan agustus 2023. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. Penelitian ini juga menerapkan desain Quasi Experimental one group pretest-postes. Pelaksanaan penelitian mengikuti sintak dari model pembelajaran LOK-R, yang terdiri dari literasi, orientasi, kolaborasi. Dan refleksi. Hasil penelitian didapatkan bahwa data penelitian yang digunakan berdistribusi normal karena nilai sig. sebesar 0.211 untuk pretest dan 0.144 untuk posttest yang mana nilai tersebut > nilai α yakni 0.05. Selain itu, penerapan model pembelajaran LOK-R pada siswa kelas VIII-C di MTsN.2 Morotai, memberikan pengaruh signifikan pada hasil belajar mata pelajaran IPA, khususnya matei sistem gerak, hal sesuai dengan pengujian hasil penelitian menggunakan paired sample t-test, yang mana nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < nilai α yakni 0.05. Berdasakan hasil tersebut, maka disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII-C di MTsN.2 Morotai meningkat karena pengaruh dari penerapan model pembelajaran LOK-R pada mata pelajaran IPA topik pembahasan sistem gerak.