Ekplorasi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Self-Efikasi, Self-Regulasi, Disiplin Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengetahuan mendalam hubungan antara kepemimpinan transformasional, self-efficacy, self-regulation, dan disiplin terhadap kepuasan kerja guru di Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode penelitian campuran (mixed method) dengan rancangan menggunakan model sequential exploratory. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Karimun tahun 2025 yang terdiri dari 4 sekolah berjumlah 48 orang. Adapun teknik penarikan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner yang diberikan kepada guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Karimun. Hasil analisis regresi ganda 1 2 3 4 Yˆ = 4,796 + 0,265x + 0,444x + 0,499x+ 0,480x yang dapat diinterpretasikan semakin tinggi gaya kepemimpinan transformasional (X1), Self-Efficacy (X2), Self-Regulation (X3), Disiplin (X4), maka semakin tinggi pula kepuasaan kerja guru Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Karimun. Hasil analisis regresi diperoleh signifikansi 0,000, taraf signifikan 5% atau 0,000 < 0,05