Kepemimpinan Guru Lulusan Program Pendidikan Guru Penggerak di Kota Tarakan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tugas-tugas kepemimpinan guru, menganalisis strategi dan menganalisis dampak yang dirasakan lulusan Pendidikan Guru Penggerak dengan tugas kepemimpinan yang diampu. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan wawancara semi terstruktur. Sumber data adalah enam orang guru lulusan PGP jenjang SMA/SMK angkatan empat dan sembilan dengan latar belakang yang berbeda-beda, meliputi usia, pengalaman mengajar, dan mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas-tugas kepemimpinan yang telah dijalankan oleh guru lulusan program PGP jenjang SMA/SMK di Kota Tarakan meliputi tugas di dalam maupun di luar kelas. Di dalam kelas, guru menjadi motivator dan fasilitator bagi pengembangan diri siswa. Sedangkan tugas kepemimpinan di luar kelas yaitu menjadi pembina ekstrakurikuler, wali kelas, kepala program keahlian, kepala bengkel, wakil kepala sekolah, menjadi penggerak komunitas dan berbagi praktik baik. Strategi yang dijalankan dalam melaksanakan tugas kepemimpinan bahwa guru tetap mengutamakan tugas pokok sebagai guru, namun jika di saat yang bersamaan ada tugas kepemimpinan maka akan dilakukan di luar jam pelajaran. Adapun dampak yang dirasakan lulusan Pendidikan Guru Penggerak dengan tugas kepemimpinan yang diampu pada kesiapan guru penggerak menjadi pemimpin di masa depan yaitu meningkatkan kepercayaan diri dan memperluas wawasan