Pengaruh Metode Blended Learning Terhadap Kemandirian dan Analisis Konsep Fisika Dasar Mahasiswa

  • Dewanthikumala Dewanthikumala Universitas Tomakaka
  • Musdalifah Musdalifah Universitas Tomakaka
Keywords: kemandirian, analisis konsep, blended learning

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan metode Blended Learning terhadap kemandirian mahasiswa; menganalisis hubungan metode Blended Learning terhadap analisis konsep fisika dasar mahasiswa Prodi Teknik Mesin; dan menganalisi hubungan metode Blended Learning terhadap kemandirian mahasiswa dan analisis konsep fisika dasar mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah karakteristik mahasiswa dengan subjek populasi seluruh mahasiswa Prodi Teknik Mesin Universitas Tomakaka Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 49 mahasiswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian mahasiswa dengan metode pembelajaran Blended learning Prodi Teknik Mesin sebesar 0,727 dengan koefisien determinasi sebesar 0,529 atau 52,9%; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara analisis konsep fisika dasar mahasiswa dengan metode pembelajaran Blended learning Prodi Teknik Mesin sebesar 0,770 dengan koefisien determinasi sebesar 0,593 atau 59,3%; dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian mahasiswa  dan analisis konsep fisika dasar   dengan metode pembelajaran Blended learning Prodi Teknik Mesin dengan nilai signifikansi sebesar 0,000

Published
2025-03-03
How to Cite
Dewanthikumala, D., & Musdalifah, M. (2025). Pengaruh Metode Blended Learning Terhadap Kemandirian dan Analisis Konsep Fisika Dasar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 6(1), 18-22. https://doi.org/10.51673/jips.v6i1.2432
Section
Artikel