Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Berbasis Literasi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes Higher Order Thinking Skill berbasis literasi matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan tingkat validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya pembeda yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan mengacu pada model formative research tessmer (preliminary, self eval_uation, prototyping, dan field test). Instrumen tes yang dibuat terdiri dari kisi-kisi, lembar tes sebanyak 12 butir soal uraian, kunci jawaban, dan pedoman penilaian. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji empiris, hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes memiliki kualitas. Hasil uji oleh ahli menunjukkan bahwa instrumen tes valid, efektif dan praktis baik dari aspek konten, konstruk, maupun bahasa. Sedangkan hasil uji empiris oleh siswa menunjukkan bahwa semua butir soal valid dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi, tingkat kesukaran sebagian sukar dan sedang, serta daya pembeda yang memenuhi kriteria baik dan sangat baik