Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pola Bilangan
Abstract
Kegiatan proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa, karena materi dalam bukuajar cukup sederhana dan kalimat yang digunakan tidak membantu siswa mempelajari dan memahami materi secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul matematika berbasis pendekatan saintifik pada materi pola bilangan siswa SMP Negeri 36 Merangin yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan eval_uasi. Lima validator memvalidasi lembar validasi untuk uji keval_idan modul, serta untuk mengetahui kepraktisan produk dari hasil angket dan wawancara siswa. Peneliti juga mengeval_uasi efektivitas dari hasil observasi aktivitas siswa dan soal tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa kategori ahli materi dengan nilai rata-rata 4,56, ahli bahasa nilai rata-rata 4,07, dan ahli media, nilai rata-rata 4,33, maka didapat nilai rata-rata validasi total 4,32 dengan kategori sangat valid. Hasil angket respons siswa dengan persentase praktikalitas sebesar 97,85% dan setelah siswa diwawancarai tentang manfaat modul, menunjukkanbahwa modul matematika berbasis pendekatan saintifik sudah sangat praktis dalam hal kelayakan isi, penyusunan materi, bahasa yang digunakan, dan grafiknya. Rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 81,90% menunjukkan kategori sangat aktif, dan persentase hasil belajar klasik sebesar 78,57% menunjukkan kategori sangat efektif