Pembelajaran Berdiferensiasi Proses untuk Mengatasi Kesalahan Siswa dalam Materi Bentuk Aljabar Melalui Newman's Error Analysis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi proses dengan memanfaatkan NEA sebagai alat untuk mengidentifikasi dan mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar. Lima jenis kesalahan dalam NEA adalah kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan jawaban akhir. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 1 Sadananya tahun ajaran 2024-2025. Metode pengumpulan data adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses terbukti efektif dalam mengatasi kesalahan siswa dalam materi bentuk aljabar. Dari hasil analisis menggunakan NEA, ditemukan bahwa: (1) secara keseluruhan, terdapat penurunan setiap jenis kesalahan siswa, yaitu kesalahan pada tahap: membaca dari 41% menjadi 20%, pemahaman dari 48% menjadi 28%, transformasi dari 59% menjadi 33%, keterampilan proses dari 66% menjadi 41%, dan jawaban akhir dari 70% menjadi 48% (2) dalam setiap kelompok kesiapan belajar siswa, terjadi penurunan kesalahan untuk kelompok kesiapan belajar tinggi dari 18% menjadi 5%, sedang dari 36% menjadi 18%, dan rendah dari 84% menjadi 55%. Faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut yaitu siswa kurang memahami konsep materi dan soal, kurang teliti dalam perhitungan, tidak mengecek kembali jawabannya, dan tidak menuliskan kesimpulan.