Perspektif Islam Terhadap Pendidikan Multikultural Melalui Implementasi E-Learning dan Bot Telegram
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi integrasi E-learning dan Telegram Bot untuk meningkatkan pendidikan multikultural dalam perspektif Islam, khususnya bertujuan untuk menumbuhkan toleransi dan inklusivitas dalam pemahaman dan sikap siswa terhadap keragaman budaya. Tantangan utamanya terletak pada menjembatani perbedaan budaya melalui pendidikan inklusif yang dapat diakses dan memperkuat multikulturalisme dalam kehidupan sehari-hari. E-learning menyediakan lingkungan belajar yang fleksibel yang memungkinkan siswa mengakses materi kapan saja dan di mana saja, menawarkan penyampaian konten terstruktur dengan multimedia interaktif. Bot Telegram melengkapi hal ini dengan memfasilitasi komunikasi real-time, notifikasi, dan diskusi interaktif, memungkinkan interaksi langsung antara instruktur dan siswa. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui tinjauan pustaka, observasi partisipatif, dan wawancara mendalam. Analisis tematik terhadap data dilakukan untuk mengidentifikasi pola keterlibatan dan respons siswa, menilai efektivitas E-learning untuk penyampaian konten dan Bot Telegram untuk mendukung komunikasi real-time. Temuan mengungkapkan bahwa E-learning meningkatkan aksesibilitas dan pemahaman materi, sementara Bot Telegram meningkatkan keterlibatan dan partisipasi melalui notifikasi dan fitur diskusi yang tepat waktu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi E-learning dan Telegram Bot efektif mendorong pemahaman multikultural dalam konteks Islam, menumbuhkan toleransi, inklusivitas, dan penerapan nilai-nilai Islam di dunia nyata dalam masyarakat multikultural