Hubungan Kesadaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Kognitif Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran Interaktif

  • Gustina Gustina Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Patompo, Makassar, Indonesia
  • Eka Fitriana Hamsyah Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Patompo, Makassar, Indonesia
Keywords: Metakognitif, Kognitif, Discovery Learning, Video

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk melihat apakah ada hubungan kesadaran metakognitif terhadap kemampuan kognitif peserta didik dengan menerapkan model discovery learning berbantuan video pembelajaran interaktif. Seluruh peserta didik kelas XI MA Ummul Mukminin Makassar merupakan populasi penelitian. Sampel dipilih secara random. Kesadaran metakognitif di ukur menggunakan instrument metacognitive awareness inventory (MAI) dengan 52 item pernyataan positif dan negatif dengan tiga dimensi pernyataannya. Dimensi pernyataannya meliputi pengetahuan kognitif, pengetahuan strategi, serta pengetahuan terhadap diri sendiri. Kemampuan kognitif diukur dengan menggunakan menggunakan 20 nomor item soal pilihan ganda. Item soalnya terdiri dari C1 hingga C4. Soal nya terdiri dari kemampuan mengingat, memahami menerapkan, dan menganalisis. Analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian di uji dengan SPPS 17 melalui pengujian regresi linear satu variable independent.  Nilai R yang di peroleh berdasarkan uji regresi linear adalah 0,120 sedangkan R squere = 0,014. Kesimpulan penelitian didapatkan adanya hubungan kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif dengan kategori sangat rendah. Persentase sumbangan kesadaran metakognitifnya adalah 0,14%.

Published
2024-12-25
How to Cite
Gustina, G., & Hamsyah, E. (2024). Hubungan Kesadaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Kognitif Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran Interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 5(3), 88-92. https://doi.org/10.51673/jips.v5i3.2186
Section
Artikel