Development of Problem-Based Learning Devices to Improve Critical Thinking Skills

  • Alfiani Syarifatul Ajri Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-0405-8448
  • Riki Perdana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Learning tools can help teachers in a directed learning process. This study aims to produce problem-based learning physics learning tools to improve student's critical thinking skills that are appropriate for work and energy materials. This type of research is Research and Development (R&D) with a 4D development model consisting of four stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The learning tools developed are in the form of Learning Implementation Plans (RPP), Student Worksheets (LKPD), and learning outcomes assessment instruments in the form of multiple choices. The tool used in the development stage is a validation sheet. Learning device validation was carried out by expert lecturers and three students. The results of filling out the validation sheet were analyzed to calculate the percentage and then categorized in the cumulative score range. The research results obtained through the feasibility test of lesson plans, worksheets, and learning outcomes assessment instruments show that the development of problem-based learning tools has a very feasible category with a score above 80%. Based on these results, problem-based learning physics learning tools to improve critical thinking skills are appropriate for use in the learning process.

References

N. Nuraini, M. Maimunah, dan Y. Roza, “Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 3, hlm. 799, Sep 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i3.2957.

T. Abdullah, M. Maimunah, dan Y. Roza, “Analisis Kelengkapan RPP Matematika pada Guru SMAN 5 Tapung,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 3, hlm. 391–400, Sep 2021, doi: 10.31980/mosharafa.v10i3.975.

B. M. N. Azizah, J. Rokhmat, S. Sutrio, dan S. Susilawati, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kausalitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Momentum dan Impuls,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 3, hlm. 1219–1228, Jul 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3.707.

I. A. Mida dan N. Septiana, “Application of Problem Based Learning (PBL) Learning Model Assisted by Popular Article Media on Science Literacy of Students of Respiratory System Material Class VIII SMPN 7 Palangkaraya,” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, vol. 3, no. 2, hlm. 68–72, Agu 2022, doi: 10.51673/jips.v3i2.1064.

S. Nurazizah, P. Sinaga, dan A. Jauhari, “Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 2, hlm. 197–202, Des 2017, doi: 10.21009/1.03211.

D. I. Rahmatina, S. Sutopo, dan W. Wartono, “Identifikasi kesulitan siswa SMA pada materi usaha-energi,” Momentum: Physics Education Journal, vol. 2, no. 1, hlm. 8, Mar 2018, doi: 10.21067/mpej.v1i1.2240.

S. D. Putri dan D. Djamas, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Problem-Based Learning,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol. 6, no. 1, hlm. 125–135, Apr 2017, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v6i1.648.

H. D. Cahyani, A. H. D. Hadiyanti, dan A. Saptoro, “Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 3, no. 3, hlm. 919–927, Mei 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i3.472.

Z. Zainudin dan B. Pambudi, “Efektifitas Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Edmodo Berplatform Android,” Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, vol. 7, no. 1, hlm. 17, Jun 2019, doi: 10.33394/j-ps.v0i0.1039.

L. Herayanti, S. Gummah, B. A. Sukroyanti, G. Gunawan, dan Muh. Makhrus, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Meggunakan Media Moodle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Gelombang,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 4, no. 2, hlm. 158–167, Okt 2018, doi: 10.29303/jpft.v4i2.803.

I. W. Gunada, H. Sahidu, dan S. Sutrio, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 1, no. 1, hlm. 38–46, Mar 2017, doi: 10.29303/jpft.v1i1.233.
J. ‘Ardhuha, H. Sahidu, dan S. M. Ulfa, “Desain dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Usaha dan Energi Peserta Didik,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 3, hlm. 1143–1149, Jul 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3.711.

L. Wati, M. Taufik, K. Kosim, dan J. Rokhmat, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 3, hlm. 1032–1042, Jul 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3.704.

D. Syarif, A. Putra, dan L. Dwiridal, “Analisis Kelayakan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Untuk Pembelajaran Fisika Di Kelas X SMA/MA,” Pillar of Physics Education, vol. 11, no. 2, hlm. 33–40, 2018.

Kemendikbudristek, Permendikbudristek No 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. 2022.

K. Herdiansyah, “Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis,” Eksponen, vol. 8, no. 1, hlm. 25–33, Mei 2018, doi: 10.47637/eksponen.v8i1.138.

I. M. Gede Swiyadnya, I. M. Citra Wibawa, dan I. K. Agus Sudiandika, “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA,” MIMBAR PGSD Undiksha, vol. 9, no. 2, hlm. 203, Jun 2021, doi: 10.23887/jjpgsd.v9i2.36111.

A. Ipin, “Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjng SMA,” Mangifera Edu, vol. 3, no. 1, hlm. 26–39, Jul 2018, doi: 10.31943/mangiferaedu.v3i1.10.
[19] C. Rahayu dan F. Festiyed, “Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif dengan Pendekatan Open-Ended Problem untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik,” JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, vol. 7, no. 1, hlm. 1–6, 2018.

S. Saifiyaturrahmah, J. Afrida, dan S. Nengsih, “Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran Di SMP,” Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, vol. 3, no. 1, hlm. 15, Feb 2022, doi: 10.22373/p-jpft.v3i1.12235.

F. D. M. Sidik dan I. Kartika, “Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Materi Gejala Gelombang,” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, vol. 11, no. 2, hlm. 185–201, Sep 2020, doi: 10.26877/jp2f.v11i2.6277.

R. Ramdani, N. A. Muslimin, dan H. Husein, “Pengaruh Liveworksheets dalam Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Barru: Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga,” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, vol. 2, no. 3, hlm. 243–251, Sep 2022, doi: 10.51878/edutech.v2i3.1471.

R. Widiawati, H. Hikmawati, dan J. ‘Ardhuha, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 3c, hlm. 1803–1810, Okt 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3c.857.

E. P. Afifah, W. Wahyudi, dan Y. Setiawan, “Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika,” MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, vol. 4, no. 1, hlm. 95, Jul 2019, doi: 10.30651/must.v4i1.2822.

A. Hasin, S. Ali, dan K. Arafah, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK,” Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, vol. 16, no. 1, hlm. 51, Mei 2020, doi: 10.35580/jspf.v16i1.13488.

L. A. Rahmah dan S. Suneki, “Model Pembelajaran PBL Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X SMAN 7 Semarang,” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 2, hlm. 807–812, 2019.

S. H. Noer dan P. Gunowibowo, “Efektivitas Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis,” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, vol. 11, no. 2, Agu 2018, doi: 10.30870/jppm.v11i2.3751.

I. Hasanah, H. A. Melati, dan R. Rasmawan, “Pengembangan Modul Kimia Pendekatan Saintifik pada Materi Laju Reaksi di Madrasah Aliyah (MA),” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 6, hlm. 4160–4171, Sep 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.746.

I. Selviani, “Pengembangan Modul Biologi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA,” IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, vol. 1, no. 2, Jul 2019, doi: 10.29300/ijisedu.v1i2.2032.

D. Mardapi, Pengukuran Penilaian Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.

M. Fitri, P. Yuanita, dan M. Maimunah, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL),” Jurnal Gantang, vol. 5, no. 1, hlm. 77–85, Mar 2020, doi: 10.31629/jg.v5i1.1609.

V. R. Adawiyah, S. Bektiarso, dan S. Sudarti, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Vee Map Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik,” Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, vol. 3, no. 2, hlm. 62, Jun 2022, doi: 10.22373/p-jpft.v3i2.13372.

D. Andari, S. Rohiat, dan N. Nurhamidah, “Analisis Soal Pada Buku Teks Kimia SMA Kelas XI Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom,” ALOTROP, vol. 5, no. 2, hlm. 175–182, 2021.

E. Agustina, J. Handhika, dan M. Sasono, “Apersepsi Permainan Tradisional ‘Kapal Otok-Otok’ Pada Pembelajaran Fisika SMK Materi Kalor,” dalam SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 2019, hlm. 1–7.

R. Widiawati, H. Hikmawati, dan J. ‘Ardhuha, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 3c, hlm. 1803–1810, Okt 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3c.857.

E. P. Afifah, W. Wahyudi, dan Y. Setiawan, “Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika,” MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, vol. 4, no. 1, hlm. 95, Jul 2019, doi: 10.30651/must.v4i1.2822.

Z. Hasanah, A. U. Tenri Pada*, S. Safrida, W. Artika, dan M. Mudatsir, “Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 9, no. 1, hlm. 65–75, Jan 2021, doi: 10.24815/jpsi.v9i1.18134.

G. M. Adi dan I. W. Sujana, “Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem SlolvingTri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD,” Jurnal Edutech Undiksha, vol. 9, no. 1, Apr 2021, doi: 10.23887/jeu.v9i1.32764.
Published
2023-04-09
How to Cite
Ajri, A., & Perdana, R. (2023). Development of Problem-Based Learning Devices to Improve Critical Thinking Skills. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 4(1), 53-60. https://doi.org/10.51673/jips.v4i1.1338
Section
Artikel